Pengertian Abstrak dan Fungsi, Struktur, Jenis Abstrak dalam Dunia Penelitian

Pengertian Abstrak – Sahabat budiman kali ini admin akan sedikit berbagi ilmu berkaitan dengan Pengertian abstrak, Tentunya kita pernah duduk atau makan dibaku sekolah, pasti tidak asing lagi kalo mendengar ungkapan abstrak.  Dalam dunia penelitian, abstrak merupakan salah satu bagian penting yang harus ada dalam laporan hasil penelitian. Abstrak biasanya ditampilkan di bagian awal sebuah laporan penelitian sebagai informasi singkat dan general mengenai isi laporan penelitian secara keseluruhan. Bagi orang-orang yang sering berkaitan dengan dunia penelitian seperti akademisi atau pun praktisi, istilah abstrak tentunya bukanlah istilah yang baru atau pun asing di telinga mereka. Akan tetapi, bagi kebanyakan orang awam yang tidak berkaitan dengan dunia penelitian sama sekali, istilah abstrak tentunya bukanlah istilah yang familiar, dan sudah dikenal oleh setiap orang yang pernah merasakan duduk dibangku sekolah.

Nah untuk lebih jelasnya admin sajikan beberapa pembahasan dibawah ini mengenai Desifinisi dan pengertian abstrak, silahkan simak pembahasna dibawah ini.

 

Definisi dan Pengertian Abstrak

Secara umum, abstrak merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang tidak ada wujudnya. Produk abstrak (dunia ekonomi) misalnya, merupakan produk-produk yang tidak memiliki wujud sama sekali seperti salah satunya adalah produk jasa. Dalam dunia penelitian sendiri, pengertian abstrak adalah tulisan singkat yang berisi gambaran secara menyeluruh mengenai aktivitas / kegiatan penelitian yang dilakukan. Abstrak biasanya diletakkan di bagian awal sebuah karya ilmiah atau pun laporan hasil penelitian sebagai informasi awalan bagi para pembaca.

Pengertian Lukisan Abstrak

 

Abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian tersebut dibuat, maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat.

 

Fungsi Abstrak

Dibawah ini admin sajikan komponen abstra dalam dunia penelitian, abstrak memiliki beberapa fungsi dasar, silahkan simak pembahasan berikut ini:

Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian
Dalam setiap laporan hasil penelitian, abstrak berfungsi sebagai salah satu komponen yang harus ada di bagian awal laporan hasil penelitian. Tanpa keberadaan abstrak, sebuah laporan hasil penelitian menjadi tidak lengkap sehingga sulit lebih sulit untuk dipelajari.

Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian
Fungsi abstrak dalam penelitian yang kedua adalah sebagai gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, abstrak merupakan tulisan singkat yang isinya adalah gambaran umum mengenai isi laporan penelitian. Tanpa abstrak, sebuah laporan penelitian menjadi lebih sulit untuk dipelajari (untuk mempelajarinya harus melihat seluruh bagian isi laporan penelitian terlebih dahulu).

Bahan Pertimbangan bagi Pembaca
Fungsi abstrak yang ketiga adalah sebagai bahan pertimbangan bagi para pembaca laporan penelitian. Sebelum membaca keseluruhan isi, pembaca laporan penelitian dapat membaca abstrak terlebih dahulu untuk mengetahui apakan isi atau pun bahasan laporan penelitian sesuai atau tidak dengan apa yang dicari oleh pembaca.

 

Struktur Penulisan Abstrak

Struktur penulisan bagian-bagian abstrak seluruhnya ditulis dengan menggunakan font time new roman dengan jarak satu spasi baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris dengan ketentuan dan urutan sebagai berikut:

1. Judul Penelitian ditulis dengan huruf capital menggunakan font 14, center text, dan di cetak tebal (Bold)
2. Sub Judul Penelitian (kalau ada), center text, font 12 dan dicetak tebal (Bold)
3. Nama-nama Peneliti ditulis tanpa gelar, pada akhir nama masing-masing peneliti diberi nomor urutan memakai superscript, center text, font 12 dan dicetak tebal (Bold)
4. Nama institusi (Jurusan) / Fakultas / Unit kerja Peneliti (nama perguruan tinggi) dan alamatnya (alamat perguruan tinggi), center text, font 12 dan dicetak tebal (Bold)
5. Alamat email yang dicantumkan hanya alamat email ketua peneliti, center text, font 12 dan dicetak tebal (Bold)
6. Judul “ABSTRAK” ditulis dengan huruf capital, center text dan dicetak tebal (Bold)
7. Abstrak dibuat dengan text rata kanan kiri (Justify text) maksimum 250 kata, isi abstrak menggunakan font 12
8. Kata-kata Kunci dibuat rata kanan – kiri

 

Jenis Abstrak

Ada beberapa jenis abstrak yang digolongkan pada fungsi dan orientasi pembaca. Namun pada  prakteknya lebih banyak dikenal/digunakan dua jenis abstrak ini yaitu :
1. Abstrak Informatif
Merupakan abstrak dokumen yang terpenting, sangat umum, informasi kuantitatif dan kualitatif.

Ciri-cirinya : menyajikan hasil isi dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan,metode), kesimpulan dari artikel asli secara jelas, untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya. Abstrak informative dibuat sesempurna mungkin namun tidak mengubah makna/isi dari dokumen/artikel aslinya. Sehingga abstrak ini lebih panjang daripada jenis abstrak lainnya. Biasanyamakalah/artikel majalah menghasilkan 100 hingga 250 kata,sedangkan laporan dan tesis sekitar 500 kata.

2. Abstrak Indikatif
Menunjukan isi sebuah artikel dan berisi pernyataan umum tentang sebuah dokumen, tanpa disertai informasi terperinci mengenai hasil tujuan serta data kuantitatif. Biasanya untuk dokumen diskusi, tinjauan literature, prosiding komerensi, dan esei.

 

Sifat Abstrak

Abstrak harus bersifat informatif dan deskriptif, artinya setiap informasi yang terkandung pada abstrak tersebut harus berdasarkan fakta. Dengan kata lain, sangat tidak diperkenankan untuk mencantumkan informasi yang tidak ada faktanya yang jelas dalam isi artikel pada suatu abstrak. Abstrak yang baik harus mengandung empat unsur: argumentasi logis perlunya dilakukan observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah, pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode), hasil yang dicapai dalam penelitian serta kesimpulan yang diperoleh.

Setiap unsur hendaknya diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas, dengan demikian keseluruhan abstrak menjadi tidak terlalu panjang.

Secara ringkas, sifat abstrak adalah:
1. Ringkas
2. Jelas
3. Tepat
4. Berdiri sendiri
5. Objektif

 

Demikianlah yang bisa admin sajikan kesempatan kali ini mengenai.   Pengertian  Abstrak   (Pengertian, Fungsi, Struktur, Jenis, dan Sifatnya),  Mudah-mudahan pembahasan diatas sedikitnya bisa menambah keilmuan anda mengenai Abstrak, Terimakasih 

error: Content is protected !!