Contoh Teks Eksplanasi Lengkap Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Sahabat contoh untuk postingan kali ini admin kan sedikit berbagi contoh mengenai teks Eksplanasi, tapi sebelum kepada contoh alahkan baiknya kita faham dulu mengenai teks eksplanasi. baik pengertian, tujuan, kaidah kebahasaan dan strukturnya. Dan untuk lebih jelasnya akan dipaparkan di bawah ini.

Silhkan buat anda yang ingit lebih faham mengenai teks Eksplanasi komplek silahkan simak dengan seksama dibawah ini.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, yakni tentang teks eksplanasi, alangkah baiknya kita belajar dulu tentang pengertian teks eksplanasi ya teman-teman. Baiklah, apa sih yang dimaksud dengan teks eksplanasi. Kata eksplanasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris ‘explanation’ yang bisa diartikan sebagai ‘penjelasan’.

Teks eksplanasi ialah teks yang berisi tentang proses ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

 Semua kejadian tersebut selalu memiliki hubungan sebab akibat dan juga ada proses di dalamnya.

 

Ciri-Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi

Ada beberapa ciri-ciri umum dari seluruh rangkaian teks eksplanasi, yaitu:

  1. Struktur teks eksplanasi terdiri dari tiga bagian utama, yakni pernyataan umum, bagian penjelasan (analisis), dan penutup (kesimpulan).
  2. Teks eksplanasi selalu membahas hal-hal yang faktual (nyata) dan rasional sehingga teks eksplanasi masih termasuk dalam kategori teks ilmiah.
  3. Hal yang sering dibahas dalam teks eksplanasi adalah hal-hal umum seperti fenomena alam, fenomena social, fenomena budaya, dan lain sebagainya.
  4. Bahasa yang dipergunakan merupakan bahasa yang baku (bukan bahasa gaul atau bahasa percakapan). Sehingga, beberapa istilah ilmiah sering kali muncul dalam teks ini.
  5. Kalimat aktif dan pasif dipergunakan dalam teks ini sebagaimana fungsinya agar pembaca mudah mencerap informasi dalam teks tersebut.
  6. Teks eksplanasi yang bagus merupakan teks yang tidak berisi informasi yang ambigu sehingga pembaca tidak dibuat bingung dengan kebenaran topik yang sedang dibahas.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Secara umum, struktur teks eksplanasi tersusun dari tiga unsur, yakni pernyataan umum (general statement), Bagian Penjelasan (sequence of explanations), dan penutup (closing) yang biasanya diisi dengan tulisan interpretasi atau kesimpulan dari teks tersebut. Kita akan pelajari ini satu persatu:

1. Pernyataan UmumPernyataan umum biasanya berisi penjelasan secara umum tentang hal yang sedang di bahas.

Karena penjelasan pada bagian ini merupakan penjelasan umum saja, maka hal yang dijelaskan masih perlu dibahas lagi secara lebih mendetail agar pembaca mendapatkan informasi yang selengkapnya.

2. Bagian Penjelasan (analisis)

Nah, bagian inilah yang bertugas untuk memberikan penjelasan secara lebih mendetail, rinci, dan ilmiah atas topik yang sedang dibahas dalam teks eksplanasi.

Oleh karena itu, bagian ini semestinya menjadi bagian terpanjang dalam satu tubuh teks eksplanasi karena kadang-kadang ada beberapa poin yang dibahas secara khusus; berbeda dengan bagian pernyataan umum yang hanya memberikan gambaran singkat tentang topic yang dibahas.

3. Penutup

Bagian ini bisa saja ditempatkan sebagai bagian opsional saja yang artinya bisa di adakan atau bisa tidak.

Namun demikian, jika teks eksplanasi disertai juga dengan bagian penutup akan lebih baik.

Umumnya, bagian penutup merupakan kesimpulan atau intisari dari keseluruhan teks eksplanasi.

Namun ada juga yang memberikan penjelasan yang bersifat interpretatif atau komentar pribadi penulis atas topic yang sedang ia bahas dalam keseluruhan teks eksplanasi.

 

Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Menulis teks eksplanasi bukanlah hal yang sulit dan rumit asal kamu menguasai hal yang akan kamu tuliskan.

Berikut ini merupakan tips langkah-langkah menyusun teks eksplanasi:

  1. Siapkan tema dan materi tulisan (biasanya bisa diwakili dengan judul tulisan seperti misalnya; kebakaran hutan, bencana banjir, sampah, narkoba, perang, dan lain sebagainya).
  2. Baca referensi sebanyak-banyaknya atas materi yang hendak kamu tuliskan.
  3. Buat catatan kecil dari hal-hal penting yang telah kamu dapatkan dari refrensi yang kamu gunakan.
  4. Buat kerangka tulisan (pernyataan umum, penjelas, penutup).
  5. Mulai menulis.
  6. Menyunting tulisan dan melakukan perbaikan bilamana diperlukan.

 

Contoh Teks Eksplanasi

Dibawah ini admin sajikan beberapa contoh teks eksplanasi yang bisa anda jadikan referensi untuk anda silahkan simak dibawha ini.

 

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

Teks eksplanasi kompleks merupakan suatu teks eksplanasi yang menjelaskan hal-hal rumit yang tak cukup dijelaskan dalam satu atau dua paragraph saja sehingga dalam sebuah teks eksplanasi kompleks, hal yang dibicarakan dijelaskan secara gamblang dan menyeluruh.

Tema yang bisa dituliskan dalam eksplanasi kompleks bisa apa saja, misalnya hukum, politik, kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, fenomena alam dan lain sebagainya.

Aku akan mengambil salah satu dari tema tersebut untuk dijadikan contoh dalam artikel ini, yakni penyakit demam berdarah.

Pernyataan Umum

Penyakit demam berdarah masih menjadi masalah serius di negara subtropics dan tropis seperti Indonesia.

Meski demam berdarah ini bisa disembuhkan, namun tak jarang penderita penyakit demam berdarah meninggal dunia karena terlambat ditangani.

Di Indonesia kasus penyebaran penyakit dengu tergolong tinggi, bahkan Indonesia termasuk negara nomor dua sedunia setelah Brazil yang memiliki kasus demam dengue terbanyak dengan jumlah rata-rata korban meninggal hingga 700 jiwa per tahun.

Bagian Penjelasan

Demam berdarah (lebih tepatnya adalah demam berdarah dengue/DBD) merupakan penyakit komplikasi dari demam dengue yang disebabkan oleh virus yang sama dan ditularkan dengan perantara serangga yang sama, yakni nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus.

Meski demikian, masyarakat terlanjur mengenal satu istilah untuk dua jenis penyakit tersebut, yakni demam berdarah.

Untuk penyakit demam dengue sebetulnya bisa ditangani dengan cara mudah tanpa bantuan obat khusus, yakni dengan cara istirahat total, banyak minum air, banyak makan makanan sehat, serta minum paracetamol dan acetaminophen.

Bila hal tersebut dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka demam dengue tersebut akan reda dalam waktu kurang dari 6 hari.

Akan tetapi lain halnya dengan penyakit demam berdarah dengue atau yang biasa kita sebut sebagai demam berdarah saja, penyakit ini membutuhkan perawatan yang serius karena virus dengue sudah terlanjur melumpuhkan system imun tubuh dan merusak pembuluh darah dan kelenjar getah bening sehingga penderita biasanya akan mengalami demam tinggi disertai dengan muntah darah, sesak nafas, keluar darah dari hidung dan gusi, pusing tinggi, pembengkakan organ hati dan nyreri pada seluruh anggota tubuh terutama pada daerah perut.

Gejala demam dengue atau demam berdarah dengue bisa dikenali melalui ciri-ciri sebagai berikut:

Mula-mula tubuh seperti terserang flu.
Suhu badan panas tinggi hingga 41 derajad celcius.
Demam hingga menggigil.
Pusing-pusing.
Hilang nafsu makan.
Badan lemas.
Sakit tenggorokan.
Wajah memerah.
Mual dan muntah.
Nyeri di persendian.
Muncul bintik-bintik merah di kulit.
Pembengkakan kelenjar getah bening.
Nyeri pada bagian belakang mata.
Bila mendapati gejala penyakit yang demikian, sebaiknya segera menghubungi dokter karena bagaimanapun juga penyakit demam dengue yang diderita ini harus segera mendapatkan penanganan secepatnya sebelum mengalami komplikasi menjadi demam berdarah dengue.

Penyakit ini akan mulai menunjukkan gejalanya setelah 4-10 hari pasca gigitan nyamuk.

Oleh karena itulah, sebelum virus yang dibawa oleh nyamuk ini menyerang, ada baiknya melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang dipaparkan berikut ini:

Membersihkan seluruh lingkungan rumah.
Mengubur barang bekas yang menampung air.
Menguras bak kamar mandi dan toilet.
Menutup penampungan air.
Memasang obat anti nyamuk atau menyemprot obat pembasmi nyamuk terutama pada bagian-bagian yang biasanya dijadikan sarang nyamuk.
Memasang strimin anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah.
Tidak terlalu sering membiarkan pintu rumah dan jendela terbuka terutama pada sore dan malam hari.
Gotong royong dengan masyarakat untuk serempak membersihkan lingkungan dan melakukannya secara rutin.
Fogging atau pengasapan di area kebun atau got saluran air.

Penutup

Sebaiknya mencegah daripada mengobati dan pencegahan penularan demam dengue dengan cara yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya tak hanya berfungsi semata-mata untuk mencegah demam dengue, namun juga untuk menjaga kesehatan serta mengusir binatang pembawa penyakit lainnya seperti tikus, kecoa dan lalat.

 

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Ada berbagai jenis fenomena alam yang biasa terjadi di sekitar kita, misalnya adalah hujan, gempa bumi, tsunami, petir, pelangi, dan lain sebagainya.

Nah, sebagai contoh pada bagian ini, aku akan menuliskan satu teks ekplanasi singkat tentang fenomena angin puting beliung.

Pernyataan Umum

Puting beliung merupakan salah satu jenis angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam membentuk satu garis lurus meliuk-liuk dari atas ke bawah dengan kisaran kejadian 10-30 menit.

Di Jawa angin semacam ini disebut juga sebagai angin lesus, sementara di daerah Sumatra orang menyebut angin ini sebagai angin bahorok.

Di amerika, angin semacam ini bisa berukuran 10 kali lebih besar dan dengan kekuatan 6 kali lebih besar, yakni sekitar 300km/jam dengan ukuran diameter mencapai 500 meter.

Angin inilah yang disebut sebagai angin tornado dan sangat ditakuti karena kekuatannya yang bisa menghancurkan apapun yang dilewatinya.

Bagian Penjelasan

Angin puting beliung merupakan salah satu fenomena alam yang tak bisa diremehkan dampaknya. Oleh karena itu sebaiknya perlu diketahui tanda-tanda akan terjadinya puting beliung.

Berikut ini merupakan beberapa tanda akan terjadinya angin puting beliung:

Udara terasa sangat panas.
Muncul awan (awan cumulus) berbentuk seperti kembang kol raksasa di langit. Awan ini makin lama akan menjadi mendung (awan cumulonimbus) dengan bentuk yang kurang lebih mirip namun berukuran lebih besar lagi.
Perlahan terasa ada hembusan angin yang semakin lama akan semakin kencang.
Bila sudah ada tiga ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar akan terjadi angin puting beliung sehingga diharapkan seluruh masyarakat waspada dan bersiap-siap mencari tempat perlindungan yang aman.

Bagaimana proses terjadinya angin puting beliung? Angin puting beliung terbentuk dari tiga fase, yakni fase tumbuh, fase dewasa, dan fase punah. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Fase Tumbuh

Ketika suhu udara sedang panas-panasnya, dalam awan terjadi arus udara yang naik ke atas. Udara panas ini juga membawa uap air dalam jumlah besar sehingga perlahan awan akan menjadi gelap.
2. Fase Dewasa

Dalam fase ini, jumlah titik-titik air dalam awan sudah tak tertahan lagi dan akhirnya turun menjadi hujan.

Hujan ini menimbulkan gaya gesek antara arus udara yang naik dan yang turun dan tentunya temperature udara yang turun lebih dingin dari temperature udara di bawahnya.

Gaya gesek dari udara naik dan turun dengan temperature berbeda inilah yang menyebabkan terjadinya perputaran angin yang besar yang disebut sebagai angin puting beliung.

3. Fase Punah

Fase ini merupakan akhir atau melemahnya perputaran angin karena suhu udara akhirnya stabil dan pergesekan berhenti.
Kehadiran angin puting beliung ini tidak bisa diramalkan karena prosesnya bisa terjadi tiba-tiba.

Namun demikian, yang pasti angin puting beliung terjadi pada waktu siang atau sore hari ketika intensitas temperature bumi sedang panas.

Angin puting beliung biasanya terjadi pada skala local saja dengan durasi antara 5-7 menit untuk puncak putaran angin yang paling kuat.

Angin puting beliung ini lebih sering muncul pada daerah dataran rendah dengan suhu rata-rata 30-32 derajad celcius.

Penutup

Meski angin puting beliung bukan termasuk jenis angin yang sangat berbahaya, namun bila terjadi dengan kekuatan maksimal, kerusakan yang ditimbulkan oleh angin ini tidak bisa diremehkan.

Bahkan, angin puting beliung bisa merobohkan pohon berukuran besar sehingga bila sudah tampak tanda-tanda akan terjadi angin puting beliung, sebaiknya segera berteduh ke tempat yang aman; jauh dari pepohonan, tiang-tiang reklame, dan bangunan yang rentan ambruk.

 

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang langka karena tidak bisa terjadi setiap saat.

Bahkan, gerhana matahari menjadi momen yang dinantikan banyak orang; mereka rela menunggu gerhana matahari dan ingin menyaksikannya langsung dengan menggunakan kacamata khusus atau teropong khusus.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada tepat diantara matahari dan bumi dan membentuk satu garis lurus sehingga cahaya matahari tertutup oleh lingkaran bulan.

Meski diameter bulan sangat jauh lebih keci dari matahari, namun jarak bulan ke bumi lebih dekat, maka bulan mampu menutup cahaya matahari selama beberapa saat.

Jarak bulan ke bumi berkisar sekitar 384.400km, sementara jarak matahari ke bumi berkisar kurang lebih sejauh 149.680.000 kilometer.

Bagian Penjelasan

Sangat tidak disarankan untuk mengamati gerhana matahari secara langsung karena hal ini sangat membahayakan.

Retina mata yang terkena radiasi tinggi yang tak kasat mata dari fotosfer matahari bisa membuat retina mata rusak secara permanen; dampak yang paling parah adalah kebutaan.

Oleh karena itu pengamatan gerhana matahari secara langsung membutuhkan peralatan khusus seperti kacamata atau pelindung mata yang mampu menyaring radiasi inframerah dari fotosfer matahari.

Gerhana matahari berlangsung selama kurang dari 8 menit dan rentan waktu tersebut merupakan waktu terbaik dan aman untuk melakukan pengamatan pada saat gerhana matahari sedang berlangsung.

Selebihnya, meski gerhana masih terjadi, namun sinar matahari sudah mulai terihat dari tepi lingkarang bulan yang perlahan-lahan mulai bergeser karena rotasi bumi sekaligus rotasi bulan sehingga ketika gerhana telah berlangsung selama hamper 8 menit, maka pengamatan sebaiknya dihentikan karena beresiko merusak retina mata.

Gerhana matahari yang terjadi di suatu wilayah akan sangat jauh berbeda dengan yang terjadi diwilayah lain.

Tentu saja hal ini berkenaan dengan posisi antara matahari-bulan-bumi yang tidak akan pernah sama antara wilayah satu dengan wilayah lainnya sehingga bila di daerah A terjadi gerhana matahari total maka belum tentu di daerah B akan mengalami hal serupa; bisa jadi di wilayah B hanya akan ada gerhana matahari cincin.

Untuk memahami jenis-jenis gerhana matahari, simak uraian berikut ini:

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi bila ukuran lingkaran bulan yang menutup lingkaran matahari berukuran sama besar sehingga lingkaran matahari tertutup sempurna pada saat puncak gerhana.

Ukuran lingkaran bulan dan matahari ini akan selalu berubah-ubah tergantung posisi dan jarak dari keduanya dengan bumi.

2. Gerhana Matahari Cincin

Berbeda dengan gerhana matahari total, gerhana matahari cincin terjadi apa bila ukuran lingkaran bulan lebih kecil dari ukuran lingkaran matahari sehingga pada saat puncak gerhana, lingkaran matahari tidak sepenuhnya tertutup dan terlihat cahaya keemasan mengelilingi lingkaran bulan.

Cahaya keemasan di tepi lingkaran bulan tersebut tampak seperti cincin yang bersinar keemasan.

3. Gerhana Sebagian

Tidak selalu posisi bulan ketika terjadi gerhana matahari berada tepat di tengah dan menutup lingkaran matahari dengan sempurna; kadang-kadang posisi bulan berada lebih tinggi atau lebih rendah sehingga pada saat puncak gerhana, lingkaran matahari tidak sepenuhnya tertutup dan terlihat seperti sabit keemasan.

Tentunya gerhana matahari sebagian ini tidak bisa diketahui tanpa menggunakan alat khusus karena meski cahaya matahari hanya mendapatka sedikit celah, namun cahayanya masih terang benderang seperti ketika langit sedang mendung ringan.

4. Gerhana Hibrida

Gerhana matahari hibrida sebetulnya merupakan perpaduan antara gerhana matahari total dengan gerhana matahari cincin karena pada saat gerhana matahari hibrida ini terjadi, pada satu titik di bumi gerhana ini tampak sebagai gerhana matahari total, namun pada titik lain di bumi gerhana ini tampak sebagai gerhana matahari cincin.

Penutup

Sangat tidak disarankan untuk melihat gerhana matahari sebetulnya karena tanpa peralatan yang memadai kita tidak bisa menikmati keindahan gerhana matahari sebagaimana yang kita saksikan pada foto atau ulasan-ulasan tentang gerhana matahari.

Memang benar sih gerhana matahari itu indah, namun bila kita mencoba untuk melihatnya tanpa bantuan alat khusus, kita hanya akan melihat langit yang berwarna lebih gelap dari biasanya karena mata kita secara otomatis akan menolak untuk memandang langsung ke angkasa.

Oleh karena itulah, untuk menghindari resiko kebutaan, sebaiknya kita melihat gerhana matahari dengan menggunakan peralatan khusus.

Atau, bila kita ingin ekonomis, kita bisa menyaksikan gerhana matahari melalui siaran televisi atau video documenter karena dengan melalui media tersebut, kita justru akan bisa menangkap keindahan gerhana matahari dengan sejelas-jelasnya tanpa mengalami resiko kerusakan mata.

 

Demikianlah yang bisa admin sajikan kesempatan kali ini mengenai Contoh Teks Eksplanasi silahkan bagi anda yang membutuhkan contoh dan ingin lebih faham mengenai teks eksplanasi, silahkan pelajari dengan seksama. terimakasih

contoh karangan tentang gunung meletus bahasa jawacontoh teks eksplanasi tentang hujan es lengkap dengan strukturnyacontoh teks eksplanasi tentant komodoconton teks dua ekposisi