Contoh Resensi Buku Pengetahuan, Non Fiksi, Novel, dan Cara Membuatnya

Contoh Resensi Buku – Sahabat budimana masih seputar contoh risensi, Untuk pembahasan kali ini mengenai Contoh Risensi Buku dan Cara Membuatnya. Mungkin bagi anda sekalian sudah mafhum dan tahu bagaimana cara merisensi buku. Nah di sini admin akan sedikit mengingatkan kembali seputar cara membuat risensi buku berikut contohnya. Kalo kita buka kamun besar bahasa Indinesia. resensi ialah suatu pembicaraan buku atau ulasa tentang sebuah buku. Isi dari sebuah resensi novel atau buk ini ialah pembahasan singkat namun jelas yang memberikan ulasan dan memberikan pendapat tentang buku atau novel. Tentu yang harus kita perhatikan Ketika sedang meresensi buku atau sebuah novel berarti sudah menilai dan menyatakan kembali isi buku tersebut sama dengan pemikiran kalian. Yang perlu kita ketahui tentang tujuan menulis resensi ialah memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi buku yang mana informasi buku tersebut sudah dibahas kepada masyarakat.

Tujuan terpenting dalam merisensi novel atau meresensi sebuah buku ini tidak lain untuk menyampaikan sesuatu hal kepada si pembaca mengenai sebuah buku yang telah dibuat oleh penulis. Apakah novel atau buku tersebut memiliki nilai-nilai lebih atau tidak memeiliki nilai lebih sama sekali.

 

Pengertian Resensi Buku

Seperti yang telah dijelaskan mengenai pengertian risensi menurut kamus besar bahasa indonesia. resensi ialah suatu pembicaraan buku atau ulasa tentang sebuah buku. Isi dari sebuah resensi novel atau buk ini ialah pembahasan singkat namun jelas yang memberikan ulasan dan memberikan pendapat tentang buku atau novel. tentu kita harus benar-benar memahami isi buku yang kita akan risensi supaya kita tahu mau kemana buku itu yang akan dibahas.

Untuk manfaatnya  dibawah ini ialah manfaat-manfaat dari resensi buku yang perlu kita ketahui selaku kita ingin meresensi buku:

  1. Sebagai bahan perbandingan dan memberikan sebuah penjelasan secara umum kepada pembaca mengenai sebuah karya dan untuk mempengaruhi mereka juga atas karya tersebut.
  2. Bisa mendapatkan imbalan atu uang dan juga buku-buku yang hendak diresensinya secara gratis langsung diberikan dari penerbit jikalau karya yang telah diresensinya sudah masuk dan tersebar di majalah atau koran.
  3. Manfaat dari resensi ini yaitu bisa dijadikan saran atau tempat atau juga media promosi buku. Buku yang telah di resensi ialah buku baru yang mana buku tersebut sebelumnya belum pernah di resensi oleh orang-orang. Dengan seperti itu, resensi ialah sebagai tempat promosi buku yang baru terbit untuk menarik sebuah perhatian orang-orang yang gemar membaca.
  4. Manfaat dari resensi ini bisa meningkatkan atau mengembangkan kreafitas yang kita miliki. Apabila kita semaking sering menulis, disitulah diri kita akan semakin terlatih untuk lebih berinovasi atau berimajinasi dalam menulis. Persoalan ini dikerjakan atau dilakukan untuk bisa meningkatkan tingkat kreativitas yang kita miliki.

Tujuan Resensi

Untuk tujuan secara singkat dari risensi tentunya  memiki tujuan tersendiri, apa saja tujuan dalam meresensi buku itu.

Dibawah ini ada beberapa tujuan meresensi buku diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengajak atau menjunjung para pembacan untuk berdiskusi lebih jauh lagi mengenai masalah-masalah yang diangkat didalam sebuah karya yang dibentuk atau dibuat resensi. Mau itu berupa seperti buku, atau berupua seperti majalah dan novel.
  2. Resensi dibentuk untuk memberikan sebuah pemahan dan juga memberikan sebuah informasi secara lebih dan jelas kepada si pembaca buku mengenai sebuah karya yang akan diresensi.
  3. Memberikan suatu pertimbangan kepada si pembaca mengenai layaknya atau kelayakan sebuah karya untuk diterbitkan dan dibaca.
  4. Memberikan sebuah jawaban dan juga memberikan sebuah informasi kepada si pembaca tentang pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan oleh si pembaca tentang sebuah karaya yang sudah berhasil diterbitkannya.

 

Contoh Risensi Buku

Dibawah ini admin sajikan contoh risensi buku, baik itu buku non fiksi atau fiksi dan buku ilmu pengetahuan, mudah-mudahan contoh dibawah ini sedikitnya bisa membantu anda dalam menyelesaikan tugas atau lebih memahamkan diri  mengenai risensi.

 

Contoh Resensi Buku Pengetahuan
Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Identitas Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh sadulloh, M.Pd
Jumlah Halaman Buku : 183 hlm.
Tahun Terbit : September 2004

Isi Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Pendidikan adalah suatu kegiatan yang dikerjakan manusia menggunakan media yang sangat luas, dimana mencakup semua pengetahuan dan pengalaman pada manusia mengenai pendidikan. Pendidikan menjadi salah satu praktek di dalam hidup, sama seperti kegiatan lainnya, seperti kegiatan hukum, kegiatan agama, kegiatan ekonomi, dan kegiatan lainnya. Disamping itu, kita bisa mempelajari pendidikan dengan cara akademik, baik itu secara empirik yang sumbernya dari pengalaman, atau dengan merenungi untuk melihat arti dari pendidikan dalam kontek yang lebih luas lagi. Pertama adalah praktek pendidikan, dan kedua adalah teori pendidikan.

Keunggulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini memiliki keunggulan yaitu mampu memberi informasi mengenai suatu nilai, sumber nilai, dan bagiamana seorang manusia bisa mendapatkan nilai itu sebab pendidikan pada prinsipnya tidak bisa dipisahkan dengan nilai.

Kelemahan Buku Pengantar Filsafar Pendidikan
Buku ini memiliki kelemahan yaitu kurang memberikan kepahaman untuk para pembaca yang masih pemula yang menyebabkan penyampaian yang disampaikan buku ini tidak tersampaikan dengan baik ke pembaca.

Kesimpulan Buku Pengantar Filsafat Pendidikan
Buku ini bisa jadi rekomendasi sebab di dalam buku ini terdapat ilmu pendidikan, pendekatan ilmu filosofis, dan tidak hanya teori pendidikan saja yang dibahas akan tetapi dengan praktik pendidikannya untuk membangun sumber daya manusia dan juga memberikan pengalaman yang luas, sebab pendidikan berkaitan erat dengan seluruh aspek dalam kehidupan baik itu pengalaman atau pemikirannya. Di dalam ilmu pendidikan butuh kajian filosofis sebab kajian seperti ini akan melihat pendidikan dalam kenyataan yang berkesinambungan. Pengkajian pilosofis megengenai pendidikan bisa membantu memberi informasi mengenai hakikat dari manusia yang secara horizontal berkaitan dengan hubungan antar manusia dan alam semesta. Pengkajian filosofis bisa juga memberi informasi yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan jufa sumber dari pengetahuan. Hal ini bisa membantu di dalam menentukan tujuan dari akhir pendidikan itu sendiri.

 

Contoh Resensi buku Non Fiksi

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Identitas Buku Muhammad Al Fatih 1453
Judul Buku : Muhammad Al Fatih 1453
Penulis : Felix Y. Siauw
Penyunting : Salman Iskandar
Penerbit : Al Fatih Press
Cetak : Kelima, November 2013
ISBN : 978 602 17997 0 3
Harga : Rp. 75.000
Tebal : xxvi + 320 hlm

Mempelajari sejarah, utamanya berkaitan dengan sejarah Islam, akan memberikan asupan semangat juang dan renungan yang menjadikan kita berpikir dan bertindak agar lebih baik lagi. Oleh karena itu, jangan pernah sekali-kali untuk meninggalkan sejarah Islam.

Buku dengan judul ‘Muhammad Al Fatih 1453’ merupakan buku yang menceritakan tentang penaklukan sebuah kota yaitu Konstantinopel oleh seorang Sultan/ Raja yang semenjak kecil di didik untuk menjadi pemimpin yang cerdas, berani, dan kuat untuk menaklukan Konstantinopel dan membuktikan kebenaran nubuah dari Nabi Muhammad Shalalhualaihiwassalam..

Konstantinpel ialah kota yang sangat strategis sekali sebab kota ini terletak di persimpangan diantara benua Eropa dan benua Asia, kota dimana aktifitas pelabuhannya yang sangat sibuk ketika zaman itu.

Konstantinopel adalah kota yang memiliki kesempatan secara terhormat dengan menjadikan kota ini menjadi salah satu dari 3 peradaban paling besar yang ada di dunia dan mendapatkan gelar kota yang pertahanannya terbaik di dunia ketika itu..

Sudah puluhan percobaan dilakukan untuk menaklukan kota itu, tapi hasilnya selalu gagal, kota ini diklaim membutuhkan waktu lebih dari delapan0 abad agar bisa ditaklukan.

Konstantinopel ialah kota yang memiliki benteng pertahanan berlapis tiga dimana ketingggian benteng tersebut kurang lebih dua puluh meter.

Kota dengan pertahanan yang bisa dibilang mustahil untuk ditaklukan ini pada waktu itu ternyata bisa ditaklukkan oleh seorang Sultan yang menjadi seorang tokoh besar sepanjang sejarah Islam, siapakah dia?

Muhammad Al Fatih 1453 adalah sebuah buku biografi tokoh besar Islam, tokoh yang dianugrahi julukan ‘panglima terbaik’, tokoh yang bisa menggerakkan pasukannya untuk membebaskan kota dengan pertahanan terkuat di dunia yaitu Konstantinopel.

Muhammad Al Fatih merupakan seorang yang tidak hanya saja menjadi pemimpin politis, tapi beliau pun menjadi pemimpin ideologis yang menguatkan posisinya di mata rakyatnya dan pasukannya.

Beliau juga adalah seorang ulama dan ilmuan yang sudah hafal Al Quran sejak masih kecil, hafal dan paham tujuh bahasa. Kehidupan yang dijalani oleh beliau sangat akrab dengan budaya yang penuh dengan keilmuan, di masa pendidikannya beliau dibimbing oleh dua ulama terbaik ketika itu.

Muhammad Al Fatih merupakan seorang sultan sekaligus panglima perang yang sangat yakin tentang bisyarah (kabar) dari Nabi Muhammad Shalalahualaihiwassalam, yaitu:

“Kota Konstantinopel nanti akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya merupakan sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya merupakan sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335].

Semua hidupnya didedikasikan untuk tujuan yang sangat mulia ini. Beliau menjadi seorang panglima perang dan juga gubernur ketika umur 21 tahun dan terus menaklukan sampai beliau meninggal ketika ingin menaklukkan kota Roma. Dimana akhirnya saat ini belum bisa ditaklukkan oleh panglima manapun yang ada di dunia ini.

Beliau meninggal umur 52 tahun yang telah membuat karya sangat besar untuk Islam dan juga kaum muslimin, yang dengannya itu memaksa dunia untuk tidak lagi lagi menganggap remeh kaum muslimin.

Contoh Resensi Buku Fiksi

Contoh Resensi Buku Fiksi

Identitas Buku Novel Dear Nathan
Judul Buku : Dear Nathan
Pengarang : Erisca Febriani
Jumlah Halaman : 528 hlm.
Penerbit : Best Media
Tahun Terbit: 2016

Pembuka Resensi Buku Novel Dear Nathan
Buku ini mengisahkan perihal percintaan dan persahabatan di masa SMA. Buku novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Salma dan seorang pria bernama Nathan. Buku novel ini terdiri dari 31 bab yang memiliki alur cerita dan tema setiap babnya berbeda-beda. Penulis sukses membuat seorang tokoh yang bisa membuat pembaca terbuai. Bagaimana sang tokoh ini bertingkah, bersikap, kenakalannya, dan paling utama cara dia bisa bersama Salma, semuanya sungguh menarik. Pengarang bisa membuat suasana ceritanya menjadi penuh dengan semangat yang membuat pembacanya penasaran cerita di bab selanjutnya.

Jenis Buku Novel Dear Nathan
Dear Natahan merupakan jenis buku fiksi dikarenakan karakter yang ada merupakan karakter buatan.

Keunggulan Buku Novel Dear Nathan
Meskipun tema dari buku ini sudah mainstream atau banyak penulis novel yang membuat cerita dengan rema serupa, akan tetapi karakter Nathan yang menjadi unggulan dalam novel ini. Pada intinya penulis berhasil membaut karakter yang kuat. Tak hanya tokoh utama, tokoh pendukung yang jumlahnya banyak , penulis piawai memberikan karakter khas di setiap karaketer pendukungn dengan ciri khas anak SMAnya. Jalan cerita yang di sajikan juga masuk akal. Konflik yang di ceritakan bisa disampaikan dengan bagus, dan penyelesaian konfliknya pun apik. Banyak sekali amanat yang bisa diambil dari buku novel ini. Mengenai kasih sayang, pengorbanan, persahabatan, dan arti memaafkan dan mau menerima realitas kehidupan.

Kelemahan Buku Novel Dear Nathan
Penggunaan bahasa yang baku dalam percakapan diantara dua orang tokoh tidak menggambarkan bahwa mereka merupakan pasangan anak yang masih muda, dan lebih terasa kaku. Cara penulis membaut narasinya terasa berlebihan. Terkadang, pemilihan katanya tidak pas. Narasinya juga sering memutar ke sana kemari. Buku dengan tebal 528 halaman ini memberikan kesan malas untuk membaca buku ini untuk pertama kali. Akan tetapi, buku ini bagus untuk kamu para remaja untuk menjalani masa mudanya.

Nilai yang Terkandung Dalam Buku Novel Dear Nathan
Nilai yang ingin disampaikan dalam novel ini adalah mengenai kesetiaan diantara dua orang kekasih. Mengajarkan agar kita selalu berjuang dan selalu setia kepada sesuatau yang kita anggap baik untuk masa depan kita.

 

Demikianlah yang bisa admin sajikan kesempatan kali ini terkait Contoh Risensi Buku, Mudah-mudahan contoh diatas sedikitnya mengingatkan kembali mengenai cara membuat risensi dan membantu tugas anda di kampus. terimakasih

contoh cerita non fiksi sejarahresensi novel sunda pendidikanCari teks laporan observasi tentang tumbuhan kayu Manishcontoh berita non fiksi