Contoh Pidato 17 Agustus Singkat dan Lengkap 2018

Contoh Pidato 17 Agustus – Untuk pontingan kali ini masih seputar contoh pidato, untuk contoh pidato sekarang mengenai pidato untuk 17 agustus, hari-demi, hari, waktu demi waktu Tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan bangsa indonesia yang ke 73 tepatnya pada tanggal 17 agustus 2018  nanti. sudah menjadi tradisi setahun dibulan agustus, secara serempak seluruh daerah dari pejuru indonesia merayakan hari kemerdekaan. biasanya dalam rangka memperingati hut kemerdekaan diisi dengan lomba-lomba yang bisa membangun rasa nasionalisme. Bagi sekolah sd, smp maupun sma dan perguruan tinggi. acara memperingati hut kemerdekaan indonesia biasanya dibuka dengan acara upaacara.

nah, jika anda kebetulan terpilih untuk melakukan pidato, tentu anda harus menyiapkan materi pidato dengan seksama agar bisa lancar. maka dari itu, jika anda masih bingung mau berpidato seperti apa, berikut ini admin bagikan contoh pidato 17 agustus 2018 yang bisa anda jadikan referensi :

 

8 Persiapan berpidato yang baik dan benar

ada beberapa persiapan pidato memainkan peranan yang sangat penting dalam mendukung keberhasilkan dalam berpidato. Berhasil atau tidaknya dalam berpidato banyak ditentukan oleh persiapan pidato. Karena itu, apabila pembicara ingin berhasil dalam berpidato, 8 tahap persiapan pidato di bawah ini tidak dapat dilewatkan.

Contoh Pidato 17 Agustus 20018

Persiapan pidato dapat dilakukan dengan mengikuti delapan tahap seperti dibawah ini perhatikan baik-baik :

1.mempersiapkan mental dan menyesuaikan kondisi saat kita berpidato nanti.

2. Menentukan Tujuan Pidato.
Tujuan dalam berpidato haruslah jelas, untuk apa kita berpidato, apakah membina, menghibur atau membujuk. Selain itu juga harus merumuskan dengan jelas tujuan khususnya, yaitu tanggapan apa yang diharapkan setelah pidato itu selesai.

3. Memilih dan menyampaikan pokok utama dalam berpidato
Terkadang pokok persoalan sudah ditentukan oleh panitia sebelumnya, terkadang pun kita juga diberikan kebebasan untuk memilih pokok utama dalam berpidato. Tapi walaupun persoalan itu sudah ditentukan atau belum, kita wajib menyempitkan pokok persoalan ini, untuk disesuikan dengan kesanggupannya atau kemampuannya, minatnya dan waktu yang disediakan untuk berpidato.

4. Menganalisis pendengar dan suasana dalam melakukan pidato.

Pembicara harus berusaha mengetahui siapa yang akan menjadi pendengar atau penyimaknya. Jumlah mereka banyak atau sedikit, mereka umumnya tergolong terpelajar atau tidak, bagaimana suasana dalam pidato nanti, apakah hadirin duduk atau berdiri, pagi atau siang, di dalam ruangan atau di di luar ruangan, dan lain sebagainya. Semua itu harus diperhitungkan agar pidato kita bisa berhasil.

5. Mengumpulkan bahan yang akan menjadi kata kunci dalam berpidato.
Kita dapat mengumpulkan bahan yang sesuai dengan pokok masalah yang akan disampaikan melalui banyak cara, diantaranya adalah :
a. Membaca buku, majalah, Koran dan sumber sumber pengetahuan lain yang sesuai dengan pokok masalah yang akan di sampaikan dalam pidato.
b. Berwawasan atau bertanya kepada orang yang sudah bepengalaman dibidang berpidato.
c. Mengingat kembali pengamalaman pribadi yang relevan.

6. membuat kerangka yang unik persiapan pidato.
Berdasarkan bahan bahan yang berhasil dikumpulkan itu lalu disusun  pokok-pokok yang akan dibicarakan   menurut urutan yang baik.    Di bawah pokok-pokok utama tadi diadakan perincian lebih jauh, dengan itu pengertian bahwa bagian-bagian yang terperinci itu harus memperjelas pokok-pokok utama tadi.

7. Menguraikan secara mendetail isi pidato.
Setelah kerangka selesai disusun, maka pembicara bebas memilih, yaitu  berbicara bebas dengan  sekali-kali melihat kerangka  (metode ekstemporan), atau menggarap pidato secara lengkap kata demi    kata, kemudian dibacakan atau dihafalkan (metode naskah atau metode menghafal). Jadi, cara menguraikan kerangka pidato itu tergantung pada metode apa yang dipilih.

8. Melatih dengan suara tegar dalam artian untuk menghilangkan gugup dalam berpidato.
Setelah semua persiapan selesai, pebicara sudah bisa mulai latihan    berpidato dengan suara keras seperti yang akan dilakukan dalam pidato yang sesungguhnya. ok berpidato tidaklah harus menghafal naskah yang paling utama adalah menyesuaikan dengan kondisi atau situasi saat kita berpidato.

 

Contoh Pidato 17 Agustus

Dibawah ini kami sajikan beberapa contoh pidato untuk persiapan anda ketika ada lomba pidato atau mengisi acara 17 Agustusan, tentunya ini akan sedikit membantu anda supaya anda tidak bingung mengkonsep tema yang akan disajikan ketika 17 agustus. silahkan simak contoh pidato dibawah ini.

Hal-hal yang harus siperhatikan ketika kita akan memulai berpidato adalah:

 

Semangat Hari Merdeka

Bapak kepala sekolah yang terhormat
Ibu Bapak Guru pengajar yang saya hormati
Dan rekan-reka sekalian yang saya cintai

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pudji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shallawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.
Sungguh hari yang sangat membahagiakan, bahwasannya pada kesempatan ini saya telah diberi kesempatan untuk dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang berbahagia,

Setiap 17 Agustus negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan, 17 Agustus merupakan hari dimana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan syukur, bangga dan bahagia menyelimuti kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema disetiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakan dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya, MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA.
Hadirin yang berbahagia
Alhamdulillah kini telah genap 72 tahun negeri kita telah merdeka. Pudji syukur sudah sepatutnya kita ucapkan atas perjuangan keras yang telah diraih oleh para pahlawan terdahulu berupa kemerdekaan, sehingga kini kita semua dapat merasakan ketenangan dan dapat hidup berdampingan secara damai.

Hadirin yang berbahagia

Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik jiwa maupun raga. Beratus-ratus tahun negeri kita dijajah, diinjak-injak dan dirampas kesejahteraannya oleh para penjajah. Beratus-beratus kali peperangan, beribu-ribu nyawa dengan beribu-ribu liter darah menjadi korban kebiadaban para penjajah.
Namun bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jln Pegangsaan Timur telah menjadi saksi bisu dikumandangkannya proklamasi untuk pertama kalinya. Sehingga para pemuda dapat mengibarkan sang saka Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia

Setelah kita mendengar kerasnya perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan, sudah sepatutnya kini kita sebagai bangsa Indonesia dapat menghargai dengan megisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan semangat dan memiliki rasa Nasionalisme yang tinggi. Sehingga kita dapat ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.

Semangat dan rasa Nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, namun hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar dan belajar. Agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita, sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita, INDONESIA.
Hadirin yang berbahagia

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah
Wassalamualaikum Wr.Wb.
MERDEKA

 

Demikianlah  yang bisa bisa admin sajikan pada kesempatan kali ini mengenai contoh pidato 17 agustus  mudah-mudahan contoh sedikitnya busa membantu anda dalam mempersiapkan konsep pidato yang akan anda sajikan pada acara pidato semoga bermanfaat. Terimakasih