Contoh Iklan Beserta Gambarnya, Strukturnya

Contoh Iklan – Sahabat contoh untuk contoh kali ini admin akan sedikit berbagi contoh iklan yang sekarang sedang maraknya, baik itu untuk iklan digital ataupun manuali. Khususnya di Dunia periklanan menjadi bidang yang masih diminati hingga sekarang. Tentunya dengan beragam iklan digunakan oleh banyak pengusaha dimulai dari kuliner, pendidikan, retail, percetakan, dan lain sebagainya. Tentunya Kualitas iklan pun akan mempengaruhi reputasi sebuah perusahaan atau pebisnis yang ingin mempromosikan produknya. Semakin padat dan menarik, semakin banyak target pembeli yang terjaring.

Nah supaya lebih jelas dan faham bagaimana cara membuat iklan atau menyajikan iklan supaya lebih menarik. silhkan simak pembahasan dibawah ini.

 

Definisi Teks Iklan

Teks iklan adalah sebuah Media Promosi efektif yang dipakai untuk mempromosikan atau memasarkan produk kepada konsumen. Daya jangkaunya yang masif dan luas memungkinkan produk yang diiklankan tersebut menyentuh target pasar yang diincar. Seperti yang disebutkan, iklan memungkinkan produk—baik barang atau jasa—dikenali konsumen sehingga mereka mau membeli atau mengonsumsinya. Kini, persaingan di dunia periklanan pun semakin ketat dengan kian bertambahnya media dalam beragam format. Dari radio, televisi, media cetak, hingga Konten Online.

Contoh Teks Iklan dan jenis-jenisnya

Hal ini yang mendorong kreator iklan untuk terus berinovasi dalam menciptakan karyanya agar tak hanya membantu klien, tapi juga menunjukkan mutu iklan yang berkelas dan berbobot.

 

Fungsi Teks Iklan

Secara garis besar, teks iklan memuat pesan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Akan tetapi, ada satu perbedaan yang membuat teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa, Yakni sifatnya yang lebih persuasif agar target pasar mau membeli atau memakai produk yang dipromosikan. Selain itu, teks iklan juga mempunyai sejumlah fungsi seperti:

1. Media Informasi untuk menyampaikan informasi sebuah produk, ciri-ciri, dsb;

2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.

3. Media pengingat/reminder untuk mengingatkan para konsumen perihal produk tertentu agar mereka berlangganan atau terus memakainya.

 

Struktur dalam Teks Iklan

Bila ingin membuat Iklan yang baik, Teks iklan tidak bisa dibuat sembarangan. Ada struktur yang harus Anda patuhi. Struktur ini pun akan membantu Anda dalam menyusun konten iklan tersebut, antara lain:

1. Judul

Ditempatkan di bagian teratas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan judul dalam konten. Sebagian iklan malah hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas;

2. Nama produk.

Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan;

3. Deskripsi produk.

Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan produk yang akan dijual serinci dan sepadat mungkin. Deskripsi biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon atau surel) yang dapat dihubungi.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

 Selanjutnya, kaidah kebahasaan dalam teks iklan pun harus Anda perhatikan. Pasalnya, bahasa yang digunakan dalam teks iklan berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Berikut ini ada sejumlah ciri bahasa dalam teks iklan yang dapat Anda terapkan.

1. Memakai Slogan

Anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama pasti akan selalu menjumpai slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat dalam slogan perlu dibuat menarik, mencolok, dan mampu menyedot perhatian dari calon konsumen. Slogan yang terdiri dari empat hingga lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.

2. Bersifat Persuasif

Seperti yang telah disinggung, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk perlu diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan pemakaian kalimat bersifat persuasif adalah untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk memakai produk yang dipromosikan tanpa unsur memaksa. Ada banyak contoh kalimat persuasif yang bisa Anda pelajari, salah satunya murah, cepat, dan andal.

3. Memakai POV I

Pemakaian point of view atau sudut pandang juga akan mempengaruhi konten iklan. Sebaiknya Anda menggunakan sudut pandang orang kesatu dengan subjek aku, saya, atau kami yang biasanya dipakai sebagai pengganti pihak pemasang iklan. Pemakaian sudut pandang orang kesatu dianggap dapat mendekatkan produsen dengan calon konsumen.

 

Contoh iklan dan Jenis-jenis Iklan

Setelah mengenal struktur dan kaidah kebahasaan, sekarang saatnya Anda mengetahui jenis-jenis iklan. Sebenarnya, bentuk iklan yang dimanfaatkan cukup banyak dan 8 di antaranya adalah:

 Contoh Iklan Produk

Sesuai namanya, iklan produk merupakan jenis iklan yang dibuat untuk menjual atau mempromosikan sebuah produk, baik barang maupun jasa. Iklan produk sering kali disebut sebagai ikan niaga dan bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat agar membeli produk itu. Jenis iklan ini adalah salah satu yang paling sering ditemukan;

 Contoh Iklan Produk Kopi

Kunci dalam membuat iklan produk salah satunya ada di tagline, slogan atau pembuatan kalimat iklan yang menarik. Sebuah kalimat yang gampang diingat dan masuk kedalam benak orang yang melihat atau membaca iklan.

Beberapa contoh tagline iklan produk yang terkenal diantaranya;

Minuman Pengganti Ion Dalam Tubuh (Pocari Sweat)

Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botoh Sosro (Teh Sosro)

Jelas Lebih Enaak (Kapal Api)

Semua Bisa Jadi Macan (Biskuat)

Indomie Seleraaku (Indomie).

Orange No.1 di Dunia (Floridina Orange)

Contoh Teks Iklan Produk Floridina

Mulai hari dengan yang fresh, be ready go with floridina, floridina jeruknya florida orange, real fresh, real orange pulp, so juicy!! floridina fresh tanpa pengawet, nggak bikin worry, enak dinikmati dimana aja, .. floridina with real orange pulp. SO JUICY!!

Contoh Iklan Baris.

Jenis iklan ini hanya terdiri dari 3 sampai 4 baris saja. Ruang yang terbatas ini akan mendorong Anda untuk membuat konten yang padat, sederhana, tapi bermakna. Iklan baris bisa dimanfaatkan untuk menjual barang dan jasa hingga mencari jodoh. Tarifnya pun beragam dan disesuaikan dengan jumlah kata dan baris yang Anda inginkan;

Karena keterbatasan tempat. Biasanya penulisan iklan baris banyak menggunakan singkatan-singkatan agar semua informasi termuat dalam iklan.

Contoh Teks Tulisan Iklan Baris 

TANAH DIJUAL BANDUNG

Jl. Buah Batu L,370m. bgs. hdp timur

184m²&180m², jln lebar. aks tol dkt

CP. 0816271181, 085672316753

MOTOR DIJUAL

Honda Beat ESP Hitam Th. 2016.

Mls Spt Motor br. Km:075, Plat D

9jt. Nego Hp.08123728292

Selain itu. dalam iklan penawaran gunakanlah “Magic Word” sebagai tagline untuk membuat orang terkesan pada pandangan pertama. kata- kata tersebut bisa berupa kata “DISKON xx%, Free, Harga Promosi, …… Berhadiah“ dan lain sebagainya.

 

Contoh Iklan Pendidikan

Iklan pendidikan termasuk juga kedalam iklan jenis layanan masyarakat. Iklan pendidikan adalah iklan yang isinya berhubungan dengan dunia pendidikan. Baik itu dalam hal ajakan ataupun pemberitahuan.

 

Demikian informasi seputar Contoh Iklan, Contoh teks iklan beserta struktur, kaidah kebahasaan, dan jenis-jenisnya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda untuk mempelajari atau membuat iklan berkualitas.

contoh iklan chocolatos dalam bahasa inggrisproposal iklan layanan masyarakat tentang pendidikancontoh skrip iklan oky jelly drinkdialog iklan cocolatos